SAYEMBARA CITY BRANDING

Posted by Author on in 0
1st Image

KERANGKA ACUAN KERJA

SAYEMBARA PEMBUATAN LOGO DAN  CITY BRANDING

KABUPATEN KEBUMEN

 

  1. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang

Dalam era globalisasi saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan antar wilayah yang ada semakin ketat. Wilayah-wilayah yang ada saling berkompetisi dengan tempat yang lain untuk memperebutkan perhatian, investasi, pengunjung, pembeli, event-event dan lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa kota di luar negeri maupun di dalam negeri mulai menggunakansebagai media promosi antara lain Solo dengan The Spirit of Java, Pekalongan dengan Worlds City of Batik. Penggunaan logo dantersebut merupakan salah satu bentuk penerapan city branding.

Menurut Chaniago dalam Yuli (2011), City Branding adalah proses atau usaha membentuk merek dari suatu kota untuk mempermudah pemilik kota tersebut guna memperkenalkan kotanya kepada target pasar (investor, tourist, talent, event) kota tersebut dengan menggunakan kalimat positioning, , icon, eksibisi dan berbagai media lainnya.

Memberikan brand pada sebuah wilayah adalah gagasan menemukan atau menciptakan beberapa keunikan yang membedakan suatu tempat dari tempat yang lain dalam rangka untuk mendapatkan nilai brand yang kompetitif. Fungsi city branding tidak hanya mencakup komunikasi pemasaran wilayah secara umum tetapi dapat juga mendukung strategi pengembangan wilayah, seperti pengembangan seni budaya dan pariwisata, sentra industri dan perdagangan, pendidikan, kesejahteraan rakyat dan masih banyak lagi. Dampak akumulasi dari pengembangan wilayah akan turut serta memutar roda perekonomian dari masyarakat di wilayah tersebut.

City Branding pada Kabupaten Kebumen sangat dibutuhkan untuk menonjolkan potensi-potensi yang ada agar Kabupaten Kebumen tidak terlihat sebagai Kabupaten perlintasan saja, lebih lanjut harus memiliki ciri khasnya sendiri, yang membedakan dengan kota lainnya. Ciri khas tersebut dapat dimanfaatkan untuk memasarkan daerah kepada calon pendatang dari seluruh penjuru dunia.

Menurut Van Gelder (2003), persyaratan suatu city branding tidak jauh dari persyaratan merek atau branding pada umumnya, yaitu :

  1. City Brand harus menunjukkan kondisi kualitas dari kota atau daerah yang sebenarnya. City brand pada kenyataannya bukan merupakan cita-cita atau visi semata-mata yang ingin dicapai, tetapi adalah kenyataan yang sebenarnya yang menggambarkan kondisi kota tersebut. City brand juga bukan merupakan semata-mata suatu janji, tetapi adalah janji ditepati ketika orang tinggal, hidup, menetap atau sekedar berkunjung ke suatu kota.
  2. City brand memaparkan sesuatu yang baik dari kota. Bukan menjelaskan kekurangan atau sisi buruk dari kota tersebut.
  3. City brand harus mudah diucapkan, dikenal, diingat, dijiwai, dihayati dan dipahami oleh tidak hanya penduduk kota, tetapi juga bagi setiap orang yang melihat, membaca dan mendengarnya.
  4. City brand harus mudah terbedakan, oleh karena itu harus spesifik dan khas.
  5. City brand harus mudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, khususnya bahasa inggris harus menggambarkan pengertian yang sama dan identik, sehingga tidak membingungkan orang yang mengetahuinya.
  6. City brand harus bisa memperoleh hak untuk didaftarkan dan mendapat perlindungan hukum.

Konsep arahan desain Branding Kabupaten Kebumen dengan menggunakan ikon-ikon terpilih berupa prioritas aspek. Ikon-ikon tersebut berupa 4 aspek potensi yang menonjol di Kabupaten Kebumen, berupa :

  1. Aspek Sumber Daya Alam
  2. Aspek Pariwisata
  3. Aspek Kebudayaan
  4. Aspek Pertanian
  5. Aspek Investasi
  1. Tujuan
  1. Tujuan diselenggarakannya Sayembara ini adalah untuk menghasilkan desain  yang berupa logo dan  yang mencerminkan idenstitas, sejarah, budaya, gaya hidup Kabupaten Kebumen.
  2. Sebagai bahan penetapan City Branding Kabupaten Kebumen.
  1. ACUAN DAN ARAHAN SAYEMBARA
  1. Tema

Membangun citra Kabupaten Kebumen yang mencerminkan, Potensi , idenstitas, sejarah, budaya, gaya hidup dan Investasi dengan tetap berpedoman pada motto KEBUMEN BERIMAN (Bersih, Indah, Manfaat, Aman, Nyaman).

  1. Peserta

Sayembara ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia baik secara individu maupun tim yang bertempat tinggal di Kabupaten Kebumen maupun di luar Kabupaten Kebumen baik dari kalangan mahasiswa, praktisi, akademisi dan masyarakat umum.

Juri, panitia dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen beserta pegawai atau anggota keluarganya tidak diperkenankan mengikuti sayembara ini.

  1. Batasan lokasi Sayembara

Lokasi Sayembara adalah Wilayah Kabupaten Kebumen.

  1. Batasan Keluaran Sayembara

Keluaran/produk yang harus dihasilkan oleh peserta sayembara adalah :

  1. Logo
  2. Tagline
  3. Deskripsi logo dan tagline
  4. Kriteria Sayembara 

Dalam kriteria sayembara dibagi menjadi 2 (dua) yaitu :

  • Kriteria dalam Penyusunan Desain Logo dan tagline

Kriteria dalam penyusunan Desain Logo danCity Branding Kabupaten Kebumen terdiri dari 4 Kriteria yaitu :

  1. Kriteria Isi / Konten merupakan kriteria yang berkaitan dengan substansi/isi yang meliputi satu kesatuan yaitu logo dan Tagline
    • Berkaitan dengan 4 (empat) aspek paling menonjol dalam pembentukan City Branding Kabupaten Kebumen (sumber daya alam, pertanian, pariwisata dan kebudayaan).
    • City Brand menggambarkan / mencerminkan potensi Kabupaten Kebumen .
    • City Brand harus mengakomodasikan visi pembangunan Kabupaten Kebumen
    •  Slogan harus jelas dan tidak ambigu
    •  Slogan yang diberikan orisinil/asli/tidak plagiat
    • City Brand mudah dipahami masyarakat luas
    • City Brand mudah dijiwai dan dihayati
    • City Brand mudah dikenal masyarakat luas
  2. Kriteria kata-kata / kalimat, merupakan kriteria yang berkaitan dengan kalimat city branding
    •  City Branding mempresentasikan potensi Kabupaten Kebumen
    •  City Branding sulit disalah artikan
    •  City Branding harus berkonotasi positif tentang Kabupaten Kebumen
    •  City Branding harus singkat, jelas dan mudah diucapkan masyarakat luas.
  3. Kriteria bentuk, merupakan kriteria yang berkaitan dengan bentuk gambar/ logo
  4. Kriteria Warna merupakan kriteria yang berkaitan dengan komposisi warna .
    • Warna yang digunakan mencerminkan karakteristik khas Kabupaten Kebumen
    • Warna yang digunakan harus sesuai/cocok dengan maknanya
    • Warna yang digunakan memiliki komposisi yang seimbang dan serasi
  5. Kriteria dalam Penilaian Sayembara
    1. Orisinilitas karya
    2. Relevansi  dengan thema
    3. Kreativitas
    4. Komposisi antara logo dan  slogan

(meliputi warna, bentuk gambar, bentuk tulisan dan panjang tulisan ) penjelasan dari tersebut.

  1. Tata  Cara Pelaksanaan Sayembara
    1. Pengumuman Sayembara

Pengumuman sayembara akan dilaksanakan secara serentak melalui Surat Kabar, Media Sosial dan Website Resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen.

  1. Pengumpulan Sayembara
    • Seluruh hasil karya/desain peserta sayembara disajikan dalam kertas ukuran A3 dengan melampirkan penjelasan dari karya/desain tersebut serta softcopy (CD/DVD) ukuran file maksimal 5 MB dalam format JPEG/PDF
    • Seluruh hasil karya dimasukan dalam amplop tertutup dengan mencantumkan kalimat “City Branding Kabupaten Kebumen” pada pojok kanan atas sampul depan amplop dan mencantumkan nama lengkap, alamat dan nomor telepon pada sampul belakang amplop
    • Hasil karya peserta sayembara disampaikan kepada :

Panitia Sayembara Logo dan Slogan City Branding Kabupaten Kebumen

Cq.Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen

Jln.Pahlawan No.136 Kebumen Telp.0287-381988

    Hadiah :

Hadiah Sayembara akan diberikan kepada :

Pemenang sejumlah Rp.10.000.000,- + Trophy dan sertifikat

(Pajak ditanggung oleh pemenang).

  1. Tata Cara Pengumuman Pemenang Sayembara :

Pemenang akan diumumkan melalui Situs resmi sayembara melalui http://pariwisata.kebumenkab.go.id pada tanggal 30 November 2016.

Pemenang sayembara diwajibkan menyusun Panduan Penggunaan dan Penerapan Logo, serta Penyempurnaan Hasil Karya. Penyerahan hadiah direncanakan pada tanggal 3 Desember 2016, pada acara “ Musik Malam Minggu dan Launching City Branding Kabupaten Kebumen”.

Status materi dan pemenang sayembara :

  • Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Pemenang berkewajiban menyusun Panduan Penggunaan dan Penerapan Logo, serta penyempurnaan hasil karya.
  • Semua dokumen yang masuk Panitia, sepenuhnya menjadi hak milik Pemerintah  Kabupaten Kebumen.
  • Tata Cara Administrasi dan Penjurian

NO

TAHAPAN

WAKTU

  1.  

Pengumuman Sayembara

20 Oktober 2016

  1.  

Batas akhir Pengumpulan Hasil Karya :

 

 

- Langsung ke Sekretariat

21 November 2016

 

- Via Pos dikirimkan ke alamat Sekretariat

18 November 2016

  1.  

Seleksi Administrasi dan Seleksi Awal

22 – 23 November 2016

  1.  

Pengumuman 5 Nominator

25 November 2016

  1.  

Presentasi 5 Nominator

28 November 2016

  1.  

Pengumuman Pemenang Sayembara

30 November 2016

  1.  

Penyusunan Panduan Penggunaan dan Penerapan Logo oleh Pemenang

 

 

Penyempurnaan Hasil Karya Pemenang

1 s.d 2 Desember 2016

  1.  

Penyerahan Hadiah dan Launching

3 Desember 2016

 

  1. Juri :
  1. SWETA KARTIKA                     Unsur Profesional Desain Grafis dari ITB Bandung
  2. KOMPER WARDOPO                Unsur  Media dari Kebumen
  3. Ir.H MARSONO,MT                   Unsur Profesional /Akademisi dari UMNU Kebumen
  4. KANG JUKI                                Unsur Budayawan dari Kebumen
  5. SIGIT ASMODIWONGSO         Unsur Pengamat Sosial dari Gombong

 

  1. Sekretariat Sayembara

Panitia Sayembara Pembuatan Logo danCity Branding Kabupaten Kebumenadalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen Jalan Pahlawan 136 Telp.0287-381988

Kontak Person :

  1. Nasrudin,S.IP,MM  

No. HP 081327629510

Email : wisatakebumen@yahoo.co.id

  •  
  1. Imam Muntoha

No.HP 08773793330

LAMPIRAN :

JURI :

(nas rev171016)

Security Code Masukan hasil perhitungan dibawah:
9 + 1 =