Evaluasi Lebaran

Posted by Author on in Berita Terbaru 0
1st Image

Hari Raya Idul Fitri 1436 H sudah berahir tetapi permasalahan penyelenggaraan even lebaran masih menyisakkan permasalahan yang masih belum tertuntaskan. Dalam rangka mengevaluasi dan mencari solusi dari pelaksanaan Intensifikasi Pendapatan Pariwisata yang diperoleh dari Retribusi Tiket masuk dan parkir, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen dengan cepat melakukan Rapat Evaluasi pada hari Rabu, 29 Juli 2015 di Ruang Pertemuan Disparbud dengan mengundang semua pejabat Struktural pada Dinas Parbud dan semua Pimpinan Pengelola Obyek Wisata yang dikelola Pemerintah Daerah cq. Disparbud. Permasalahan yang ada antara lain tidak cukupnya debit air Pemandian Air Panas Krakal pada saat Event Lebaran. Disamping itu juga lamanya antrian mandi sehingga pengunjung banyak yang memilih untuk pulang dan mengembalikan tiketnya kembali. Solusinya antara lain menyediakan alat yang bisa mengambil dan menyimpan air Pemandian dari sumbernya sehingga mampu untuk melayani pengunjung dan dalam kondisi yang masih hangat. Di obyek wisata  di Kabupaten Kebumen  pada umumnya para pedagang asongan dan warung musiman belum tertata dengan rapi. Untuk kedepan dicari solusi agar 1 (satu) bulan sebelumnya pengelola dan petugas di obyek sudah mengadakan sosialisasi dan registrasi untuk pemetaan tempat/lokasi pedagang.

Dari hasil rapat di peroleh informasi seluruh jumlah pengunjung dan Pandapatan selama 10 (sepuluh) hari dalam event lebaran yaitu ;

1. Jumlah Pendapatan dari Retribusi Tiket, Parkir dan sewa    : Rp. 1.605.085.200,- 

    - Pendapatan I     : Rp.558.159.700,-

    - Pendapatan II    : Rp.594.850.800,-

    - Pendapatan III   : Rp.159.323.000,-

2. Jumlah Pengunjung  : 355.345

    - Pengunjung I    : Obyek Wisata Pantai Suwuk 167.738 orang

    - Pengunjung II   : Obyek Wisata Goa Jatijajar 80.890 orang

    - Pengunjung III  : Obyek Wisata Pantai Logending/Ayah 35.694 orang.

Untuk selanjutnya guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan kususnya sampai dengan ahir tahun 2015,  Disparbud mempunyai strategi untuk meningkatkan Pembinaan kepada masyarakat dan industri pariwisata dan bekerjasama dengan stakeholder pariwisata untuk meningkatkan promosi wisatanya. (nas290715).

Security Code Masukan hasil perhitungan dibawah:
8 + 2 =